BAB III
PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A. Subjek
Penelitian
1.Lokasi
Pelaksanaan perbaikan pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dilaksanakan di SDN Nogosari 1 Desa Nogosari
Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan.
2.Waktu
Pelaksanaan perbaikan pembelajaran Pkn tentang Pengaruh Globalisasi pra
siklus dilaksanakan pada hari Senin tanggal 28 April 2014, siklus pertama
dilaksanakan pada hari Senin tanggal 5 Mei 2014 dan pada siklus ke kedua
dilaksanakan pada hari Senin tanggal 12 Mei 2014.
Tabel 3.1. Uraian Jadwal Pelaksanaan Penelitian
No.
|
Hari/Tanggal
|
Waktu
|
Mata
Pelajaran
|
Keterangan |
1.
|
Senin,
28 April 2014
|
07.30-08.05
|
PKn
|
Rencana
pembelajaran
( Pra Siklus )
|
2.
|
Senin,
5 Mei 2014
|
07.30-08.05
|
PKn
|
PerbaikanPembelajaran
( Siklus 1 )
|
3.
|
Senin,
12 Mei 2014
|
07.30-08.05
|
PKn
|
Perbaikan
Pembelajaran
( Siklus 2 )
|
3.Mata
pelajaran
Mata
pelajaran yang diambil dalam
melaksanakan penelitian untuk dilakukan Perbaikan Pembelajaran adalah
Pendidikan Kewarganegaraan.
4.Kelas
Kelas
yang digunakan dalam penelitian adalah kelas IV ( empat ) SD Negeri Nogosari 1
dengan jumlah siswa 10 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 2 siswa
perempuan.
5. Karakteristik Siswa
Berdasarkan hasil pengamatan
yang penulis lakukan selama proses pembelajaran di SDN Nogosari 1 input siswa
masih sangat rendah. Rendahnya input siswa dipengaruhi oleh banyak faktor,
diantaranya adalah rendahnya pendidikan yang ditempuh orang tua siswa, berakibat
pada rendahnya perhatian orang tua siswa dalam mendukung pendidikan yang
ditempuh anaknya. Secara khusus karakteristik siswa kelas IV SDN Nogosari 1
yang menjadi objek perbaikan pembelajaran yaitu rendahnya prestasi belajar siswa,
kurang berani bertanya tentang hal-hal yang belum jelas dan kurang aktif
dalam proses pembelajaran.
B. Deskripsi Per Siklus
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK
) pada pelajaran PKn dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dalam
proses belajar mengajar selama 1 kali pertemuan ( 1 x 35 menit ).
Berdasarakan fokus perbaikan dalam perumusan masalah
dalam pembelajaran PKn, maka langkah-langkah yang diambil dalam rencana
perbaikan adalah sebagai berikut :
1. Pra siklus
a. Perencanaan
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap perencanaan pada tahap pra siklus ini
adalah pelaksanaan penelitian yang dimulai dengan menyusun rencana
pembelajaran. Materi pembelajaran yang akan disampaikan pada siklus ini adalah
pengaruh globalisasi. Setelah selesai menyusun rencana pembelajaran,
selanjutnya peneliti menyiapkan media pembelajaran berupa gambar tentang
globalisasi, menyusun tes awal dan menyusun tes akhir.
b. Pelaksanaan
Kegiatan
yang dilakukan oleh peneliti dalam kegiatan pelaksanaan pra siklus adalah
mengondisikan kelas dengan berdoa, kemudian menanyakan kehadiran siswa,
melakukan apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dikaitkan
dengan pengalaman siswa sehari-hari, menyampaikan kompetensi yang akan dicapai,
memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran,
menjelaskan materi pembelajaran kepada siswa, menyimpulkan materi pembelajaran
yang dilakukan siswa dengan bimbingan guru serta mengadakan evaluasi akhir
terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan.
c. Pengamatan
Penelitian dibantu
oleh teman sejawat
mengadakan supervisi kelas (
obeservasi pelaksanaan proses belajar mengajar
). Dengan menggunakan instrumen yang telah disediakan untuk mengetahui sejauh
mana pelaksanaan tindakan pembelajaran dengan rencana yang telah disusun sebelumnya dan mengetahui seberapa jauh proses yang terjadi
dapat dilaksanakan menuju sasaran yang diharapkan.
d. Refleksi
Setelah
pembelajaran pra siklus dilakasanakan, maka peneliti bersama teman sejawat
mengadakan kolaborasi untuk membuat
analisa, sintesa, interprestasi, atau penjelasan (
eksplanasi ) terhadap semua informasi yang diperoleh dalam proses
pembelajaran berlangsung dengan teman sejawat, kemudian hasil temuan tadi
didiskusikan untuk mengetahui persentase pelaksanaan pra siklus dan ternyata
hasil yang diperoleh belum memuaskan dan temuan yang diperoleh adalah rendahnya
prestasi/hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn hal ini disebabkan model
pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Dengan harapan untuk dapat diperoleh
hasil yang lebih baik maka peneliti melanjutkan pada siklus 1.
2. Siklus I
Pada Siklus I materi pembelajaran adalah contoh – contoh pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar.
a. Perencanaan
Berdasarkan hasil pelaksanaan pra siklus,
maka peneliti selanjutnya menyusun rencana perbaikan pembelajaran siklus
I, membuat tes awal, menyiapkan alat peraga yang sesuai dengan materi
pembelajaran PKn dan membuat lembar evaluasi untuk tes akhir.
b. Pelaksanaan
Kegiatan yang dilakukan peneliti pada siklus I yaitu mengondisikan kelas
dengan berdoa dan menyakan kehadira siswa, melakukan apersepsi dengan cara
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dikaitkan dengan pengalaman siswa
sehari-hari, menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diperoleh siswa, dalam
proses pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran interaktif,
menjelaskan materi pembelajaran kepada siswa, menggunakan alat peraga yang
sesuai dengan materi pembelajaran, mengadakan tanya jawab tentang hal-hal yang
belum dipahami siswa, menyimpulkan materi pembelajaran yang dilakukan oleh
siswa dengan bimbingan guru serta mengadakan evaluasi akhir terhadap materi
pelajaran yang telah disampaikan.
c. Pengamatan
Penelitian dibantu oleh teman
sejawat mengadakan supervisi kelas (observasi pelaksanaan proses belajar
mengajar) dengan menggunakan instrumen yang telah disediakan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan
tindakan pembelajaran dengan rencana yang telah disusun sebelumnya dan
mengetahui seberapa jauh proses yang terjadi dapat dilakasanakan menuju tujuan
yang diharapkan.
d. Refleksi
Semua
yang telah ditemukan pada saat proses pembelajaran berlangsung didiskusikan dengan teman
sejawat, hasil temuan didiskusikan untuk mengetahui
persentase pelaksanaan siklus 1 dan hasil yang
diperoleh dapat digunakan
untuk menentukan jenis tindakan siklus 2, dan hasil siklus 1 masih belum optimal seperti penulis harapkan
sebab masih ada beberapa siswa yang
kurang aktif dalam proses pembelajaran berlangsung hal ini disebabkan kurang maksimal dalam menggunakan alat peraga atau media
pembelajaran.
3. Siklus II
Pada
siklus II materi pembelajarannya tentang dampak dari
globalisasi. Kegiatan yang
dilakukan pada siklus II meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
observasi.
- Perencanaan
Adapun kegiatan yang dilakukan oleh penulis pada
tahap perencanaan ini antara lain menyusun rencana perbaikan pembelajaran,
membuat tes awal, pada silkus II ini tindakan yang direncanakan adalah
penyesuaian siswa terhadap materi pelajaran melalui metode tanya jawab,
penyiapan media dan alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran tentang
pengaruh globalisasi dan membuat lembar evaluasi untuk tes akhir individu.
- Pelaksanaan
Kegiatan
yang dilakukan peneliti pada tahap pelaksanaan antara lain mengondisikan kelas
dengan berdoa dan menanyakan kehadiran siswa, melakukan apersepsi dengan cara
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dikaitkan dengan pengalaman siswa
sehari-hari, menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diperoleh siswa,
melakukan tanya jawab berdasarkan gambar yang dipasang atau ditempel dengan
menggunakan metode tanya jawab, menjelaskan materi pembelajaran tentang
pengaruh globalisasi, menggunakan alat peraga dengan maksimal agar siswa aktif
dalam proses pembelajaran, mengadakan tanya jawab tentang hal-hal yang belum
dipahami oleh siswa (metoe tanya jawab), guru bersama siswa menyimpulkan
pembelajaran dan mengerjakan evaluasi akhir sehingga pemahaman siswa dapat
diukur.
c. Pengamatan
Peneliti dibantu
oleh teman sejawat
mengadakan supervisi kelas
(observasi Pelaksanaan proses belajar mengajar)
dengan menggunakan instrument yang telah disediakan yaitu untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tindakan pembelajaran dengan rencana yang telah disusun sebelumnya dan mengetahui seberapa jauh
proses yang terjadi dapat dilaksanakan menuju sasaran yang diharapkan.
d. Refleksi
Dalam pelaksanaan tindakan siklus 2 ini hasil
pembelajaran
yang diperoleh siswa sudah cukup baik, siswa dapat memahami materi pembelajaran
yang diberikan, sehingga hasil belajar siswa sudah memuaskan, antusiasme untuk bertanya
kepada guru dan aktif dalam proses pembelajaran berlangsung.
Lembar observasi
dari pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan sebagai
Berikut :
Tabel 3.2
Tabel
Keaktifan Peserta Didik Kelas IV Dalam Pembelajaran PKn
NO |
Nama Siswa |
Keaktifan
Selama Pembelajaran
|
||
Aktif |
Kurang
aktif
|
Tidak
aktif
|
||
1
|
Anang Dita Pratama
|
|
|
|
2
|
Andika Putra P.
|
|
|
|
3
|
Arya Gili Putra
|
|
|
|
4
|
Danu Setyamukti
|
|
|
|
5
|
Dimas Dwi S.
|
|
|
|
6
|
Ernawati
|
|
|
|
7
|
Puput danawati
|
|
|
|
8
|
Riko Adi P.
|
|
|
|
9
|
Rona Dea A.
|
|
|
|
10
|
Taufiku R.
|
|
|
|
Tabel 3.3
LEMBAR OBSERVASI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IV / II
Hari/Tanggal :
AlokasiWaktu :
1 x 35 menit
Kompetensi Dasar :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nominal
|
Komentar
|
||
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|||
1
|
Penguasaan Kelas
|
|
|
|
|
2
|
Alat Peraga
|
|
|
|
|
3.
|
Metode yang
digunakan
|
|
|
|
|
4
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
5
|
Evaluasi
|
|
|
|
|
6
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
|
|
|
|
7
|
Buku sumber
yang digunakan
|
|
|
|
|
8
|
Cara memotivasi siswa
|
|
|
|
|
0 Response to "bab III ptk"
Posting Komentar