Media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

blogger templates


vMedia pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada dasarnya adalah segala sesuatu yang digunakan dalam pembelajaran bahasa dan sastra yang mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran tersebut.
v  Ada dua teori yang dapat dihubungkan dengan media pembelajaran , yakni teori akomodasi dan hipotesis saringan afektif.
v  Dalam pembelajaran kita dapat mengembangkan media berbasis manusia, media berbasis cetakan, media berbasis audio-visual dan media berbasis komputer. Media-media itu dipilih dan digunakan dengan memperhatikan ciri-ciri pembelajar dan tujuan pembelajaran.
v  Media pembelajaran bahasa dan sastra yang kita gunakan setidaknya harus memenuhi kriteria fungsional, tersedia, murah dan menarik.
v  Ada enam tahap yang dapat dilakukan agar media yang dihadirkan itu efektif, yakni: menganalisis ciri-ciri pembelajar; merumuskan tujuan; memilih, mengubah dan merancang bahan; menggunakan bahan; mengukuhkan respon siswa dan mengevaluasi media.
v  Media pembelajaran keterampilan berbahasa lisan terdiri dari media pembelajaran menyimak dan media pembelajaran berbicara.
Dalam pembelajaran keterampilan berbahasa lisan terdapat empat media belajar yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran keterampilan menyimak, yakni media dengar, lagu dan manusia. Terdapat tiga media yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara, yakni gambar, peraga bercerita dan teks.
v  Media pembelajaran keterampilan berbahasa tulis terdiri dari media pembelajaran keterampilan membaca dan media pembelajaran keterampilan menulis.
Dalam pembelajaran keterampilan membaca, guru dapat menghadirkan media yang berupa teks, manusia dn audio-visual. Dalam pembelajaran keterampilan menulis guru juga dapat menghadirkan media yang berupa gambar, foto, lingkungan sekitar dan benda model.


0 Response to "Media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia"

Posting Komentar