bab IV PTK

blogger templates


BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Deskripsi Data Prasiklus
Sebelum melakukan tindakan penelitian yang akan dilaksanakan di SDN Nogosari 1 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan dengan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian diawali dengan kegiatan observasi awal kelas IV da juga wawancara singkat dengan guru PKn yang bersangkutan. Ternyata hasil observasi awal diketahui bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan selama ini di kelas IV SDN Nogosari 1 Kecamatan Ngadirojo masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu dengan metode ceramah dimana guru menerangkan pelajaran di depan dan siswa hanya sebatas mendengarkan, mencata, dan mengerjakan soal yang diberikan saja.
Hasil observasi yang lain menunjukkan pembelajaran di SD Negeri Nogosari 1 khususnya kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tentang Pengaruh Globalisasi, penguasaan materi masih sangat rendah atau belum berhasil dengan baik. Maka dari itu perlu segera mendapat penanganan dan perhatian peneliti. Selain rendahnya prestasi belajar siswa, siswa belum berani untuk bertanya hal belum jelas dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.
Model Pembelajaran Interaktif merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membagi ide-ide, mempertimbangkan  jawaban yang paling tepat dan menjawab pertanyaan secara lisan sehingga menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan ide atau jawaban di depan kelas sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Untuk langkah berikutnya melakukan tes awal yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa terhadap materi yang pengaruh globalisasi dan nilai dari tes awal ini dapat dijadikan sebagai pedoman atau tolak ukur bagi peneliti dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Adapun data-data kondisi awal dari tes yang disajikan dalam tabel sebagai berikut:

Tabel 4.1
DAFTAR NILAI EVALUASI SISWA KELAS IV (Pra Siklus)
Mata Pelajaran                        :   PKn
Hari/Tanggal                           :   Senin, 28 April 2014

KKM = 70,00
No
Nama Siswa
Nilai
Keterangan
1
Anang Dita Pratama
70
Tuntas
2
Andika Putra P.
70
Tuntas
3
Arya Gili Putra
60
Tidak Tuntas
4
Danu Setyamukti
60
Tidak Tuntas
5
Dimas Dwi S.
60
Tidak Tuntas
6
Ernawati
90
Tuntas
7
Puput danawati
60
Tidak Tuntas
8
Riko Adi P.
60
Tidak Tuntas
9
Rona Dea A.
80
Tuntas
10
Taufiku R.
70
Tuntas
Jumlah
700

Rata-rata
70

Skor tertinggi
90

Skor terendah
60

Jumlah siswa tuntas
5

Persentase ketuntasan
50%

                     








Grafik 4.1

Grafik Nilai Evaluasi Siswa Kelas IV
Pra Siklus



Berdasarkan hasil tes awal yang telah dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa rata-rata nilai PKn siswa kelas IV SDN Nogosari 1 dari 10 siswa adalah 70. Sedangkan persentase siswa yang tuntas hanya 50% dan 50% ternyata tidak tuntas. Hal tersebut membuktikan bahwa nilai PKn siswa masih rendah dan masih di bawah indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu KKM yang ditargetkan adalah 70. Sehingga langkah perbaikan pembelajaran mutlak dilakukan.
Hasil yang diperoleh dari perbaikan pembelajaran pra siklus dengan menggunakan metode ceramah untuk meningkatkan kemampuan siswa tentang Pengaruh Globalisasi kurang memuaskan. Pada proses pembelajaran, keaktifan siswa, antusiasme siswa kurang terlihat sehingga rendahnya hasil berlajar yang diperoleh. Untuk itu perlu diadakan perbaikan pembelajaran siklus 1.
        

B.     Deskripsi dan Interpretasi Hasil Penelitian
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran dilakukan tes pada akhir pembelajaran. Setelah dianalisis, hasil tes tersebut dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan tindakan selanjutnya. Hasil penelitian selengkapnya diuraikan pada setiap siklus sebagai berikut:

  1. Siklus I

a.      Perencanaan

Siklus I dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan dengan alokasi waktu 1x35 menit yang dilakukan di kelas IV dengan jumlah  peserta didik 10 siswa. Proses perencanaan yang dilakukan meliputi: menyusun rencana perbaikan pembelajaran siklus I, membuat tes awal, menyiapkan alat peraga sesuai dengan materi pembelajaran PKn dan membuat lembar evaluasi untuk tes akhir.

b.      Pelaksanaan


Pelaksanaan tindakan dalam penelitian siklus 1 dilaksanakan pada hari Senin, 5 Mei 2014 dan proses pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Interaktif. Kegiatan yang dilakukan peneliti pada siklus I yaitu mengondisikan kelas dengan berdoa dan menyakan kehadira siswa, melakukan apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dikaitkan dengan pengalaman siswa sehari-hari, menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diperoleh siswa, dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran interaktif, menjelaskan materi pembelajaran kepada siswa, menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran, mengadakan tanya jawab tentang hal-hal yang belum dipahami siswa, menyimpulkan materi pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru serta mengadakan evaluasi akhir terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan.



c.       Observasi

Setelah dilakukan pengamatan dalam proses pembelajaran masih ditemukan kendala atau masalah yang tidak sesuai dengan perencanaan antara lain: guru belum maksimal dalam mempergunakan media pembelajaran, guru perlu merubah metode pembelajaran, siswa terlihat masih enggan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, masih banyak yang kurang aktif dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan, siswa masih ragu mengemukakan pendapat dan hanya beberapa siswa yang mampu pempresentasikan hasil kerja.

Hasil belajar PKn siswa pada siklus I dapat dilihat melalui tabel sebagai berikut:
Tabel 4.2
DAFTAR NILAI RATA-RATA EVALUASI SISWA KELAS IV

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN (  Siklus 1 )

Mata Pelajaran                        :   PKn
Hari/Tanggal                           :   Senin, 5 Mei 2014
KKM = 70.00
No
Nama Siswa
Nilai
Keterangan
1
Anang Dita Pratama
80
         Tuntas
2
Andika Putra P.
70
         Tuntas
3
Arya Gili Putra
60
         Tidak Tuntas
4
Danu Setyamukti
60
         Tidak Tuntas
5
Dimas Dwi S.
70
         Tuntas
6
Ernawati
90
         Tuntas
7
Puput danawati
70
        Tuntas
8
Riko Adi P.
70
         Tuntas
9
Rona Dea A.
80
         Tuntas
10
Taufiku R.
80
         Tuntas
Jumlah
730

Rata-rata
73

Skor tertinggi
90

Skor terendah
60

Jumlah siswa tuntas
8

Persentase ketuntasan
80%


Grafik  4.2
Grafik Nilai Evaluasi Siswa Kelas IV
Siklus 1


d.      Refleksi          

           Semua yang  telah  ditemukan  pada  saat  proses  pembelajaran  berlangsung didiskusikan dengan teman sejawat, hasil  temuan   didiskusikan   untuk  mengetahui persentase    pelaksanaan     siklus  1  dan   hasil   yang   diperoleh   dapat    digunakan  untuk menentukan jenis tindakan siklus 2, dan hasil siklus 1  masih   belum   optimal  seperti penulis   harapkan sebab  masih ada beberapa kurang aktif dalam proses pembelajaran  berlangsung  hal  ini  disebabkan  kurang maksimal dalam menggunakan alat peraga atau media pembelajaran.
Berdasarkan hasil pengamatan atau observasi pada proses pembelajaran PKn di kelas IV pada Siklus 1 dapat disimpulkan bahwa pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa sudah mulai bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, siswa mulai berkonsentrasi penuh pada saat guru menjelaskan materi, namun ada beberapa siswa yang masih belum aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Sebanyak 2 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM atau sekitar 20 %, sebanyak 4 siswa mendapatkan nilai pas KKM atau sekitar 40 %, dan sebanyak 4 siswa mendapatkan nilai di atas KMM atau sekitar 40 %.
            Hasil yang diperoleh dari perbaikan pembelajaran siklus 1 dengan mengunakan Model Pembelajaran Interaktif dapat membuat perbaikan pembelajaran lebih menarik, meningkatkan antusiasme untuk bertanya dan keterlibatan siswa untuk aktif dalam pembelajaran mulai terlihat. Tapi perlu diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus ke 2.

  1. Siklus II

         a. Perencanaan

            Pelaksanaan siklus II berdasarkan atas hasil observasi dan refleksi siklus I yang belum memenuhi indikator keberhasilan pembelajaran. Dengan siklus II diharapkan kekurangan-kekurangan yang terdapat pada siklus I dapat diperbaiki di siklus II. Adapun hal-hal yang dilakukan untuk memperbaiki kekurangan pada siklus I antara lain:
guru memotivasi siswa agar siswa bersemangat dalam belajar serta guru harus memberi apersepsi, bersikap tegas dengan menegur siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, guru harus selalu memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti, guru harus kreatif dalam mempergunakan metode dan media pembelajaran.

b. Pelaksanaan
  
               Pelaksanaan tindakan dalam penelitian siklus 2 dilaksanakan pada hari Senin, 12 Mei 2014 dan proses pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Interaktif. Peneliti membuat Rencana Perbaikan Pembelajaran terlebih dahulu, langkah-langkah yang dilakukan pada saat pelaksanaan tindakan kelas yaitu apersepsi, memeriksa absen. Kemudian menjelaskan materi pembelajaran dengan memaksimalkan penggunaan alat peraga atau media pembelajaran, ternyata proses pembelajaran menjadi menarik dan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Siswa melaksanakan evaluasi, lalu membuat kesimpulan tentang Pengaruh Globalisasi di bawah bimbingan guru.

c. Observasi

               Hasil pengamatan pada siklus II adalah sebagai berikut: kepercayaan diri yang tinggi pada siswa dapat membuat siswa berani bertanya maupun mengemukakan pendapat, siswa mulai memperhatikan penjelasan guru, guru sudah menggunakan media dengan maksimal dan guru sudah menggunakan metode pembelajaran yang sesuai.
Hasil belajar PKn siswa pada siklus II dapat dilihat melalui tabel sebagai berikut:
Tabel 4.3
DAFTAR NILAI RATA-RATA EVALUASI SISWA KELAS IV

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN (  Siklus 2 )

Mata Pelajaran                        :   PKn
Hari/Tanggal                           :   Senin, 12 Mei 2014
KKM = 70,00
No
Nama Siswa
Nilai
Keterangan
1
Anang Dita Pratama
80
Tuntas
2
Andika Putra P.
80
Tuntas
3
Arya Gili Putra
70
Tuntas
 4
Danu Setyamukti
70
Tuntas
 5
Dimas Dwi S.
80
Tuntas
 6  
Ernawati
90
Tuntas
 7
Puput danawati
80
Tuntas
8
Riko Adi P.
80
Tuntas
 9
Rona Dea A.
90
Tuntas
10
Taufiku R.
90
Tuntas

Jumlah
810


Rata-rata
81


Skor tertinggi
90


Skor terendah
70


Jumlah siswa tuntas
10


Persentase ketuntasan
1000%

Grafik 4.3
Grafik Nilai Evaluasi Siswa Kelas IV
Siklus 2


d.Refleksi

                        Dalam  pelaksanaan  tindakan  siklus II ini hasil pembelajaran    yang diperoleh siswa sudah cukup baik, siswa dapat memahami materi pembelajaran yang diberikan, sehingga hasil belajar siswa sudah memuaskan, antusiasme untuk bertanya kepada guru dan aktif dalam proses pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan hasil pengamatan atau obsevasi dapa proses pembelajaran PKn di kelas IV pada siklus 2 dapat disimpulkan bahwa pada saat proses pembelajaran, siswa aktif dalam proses pembelajaran berlangsung dan aktif dalam bertanya dan juga dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Materi yang diberikan dapat dipahami dangan oleh para siswa. Semua nilai siswa sudah mencapai 100 % di atas KKM.
             Hasil yang diperoleh dari perbaikan pembelajaran siklus 2 dengan menggunakan Model Pembelajaran Interaktif dapat membuat pembelajaran lebih menarik, meningkatnya antusiame dan keterlibatan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Sehingga pada  siklus 2 prestasi/hasil belajar sudah memuaskan.

EMBED Excel.Chart.8 \s Tabel 4.4
DAFTAR NILAI RATA-RATA EVALUASI SISWA KELAS IV
PRA SIKLUS, SIKLUS 1 DAN SIKLUS 2

KKM= 70,00
No.
Nama Siswa
Siklus
Julah
Nilai
Rata-rata
Nilai
Pra Siklus
Siklus 1
Siklus 2
1
Anang Dita Pratama
70
80
80
230
57.5
2
Andika Putra P.
70
70
80
220
73.3
3
Arya Gili Putra
60
60
70
190
63.3
4
Danu Setyamukti
60
60
70
190
63.3
5
Dimas Dwi S.
60
70
80
210
70
6
Ernawati
90
90
90
270
90
7
Puput danawati
60
70
80
210
70
8
Riko Adi P.
60
70
80
210
70
9
Rona Dea A.
80
80
90
250
83.3
10
Taufiku R.
70
80
90
240
80

Jumlah
700
730
810



Rata-rata
70
73
81




Grafik 4.4

Grafik Nilai Rata-rata Evaluasi Siswa Kelas IV
Pra Siklus, Siklus 1, dan Siklus 2

1 Response to "bab IV PTK"