BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data Prasiklus
Sebelum melakukan tindakan penelitian yang
akan dilaksanakan di SDN Nogosari 1 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan
dengan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian diawali
dengan kegiatan observasi awal kelas IV da juga wawancara singkat dengan guru
PKn yang bersangkutan. Ternyata hasil observasi awal diketahui bahwa proses
pembelajaran yang dilaksanakan selama ini di kelas IV SDN Nogosari 1 Kecamatan
Ngadirojo masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu dengan
metode ceramah dimana guru menerangkan pelajaran di depan dan siswa hanya
sebatas mendengarkan, mencata, dan mengerjakan soal yang diberikan saja.
Hasil observasi yang lain menunjukkan pembelajaran di SD
Negeri Nogosari 1 khususnya kelas IV pada mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan tentang Pengaruh Globalisasi, penguasaan materi
masih sangat rendah atau belum berhasil dengan baik. Maka dari itu perlu segera
mendapat penanganan dan perhatian peneliti. Selain rendahnya prestasi belajar
siswa, siswa belum berani untuk bertanya hal belum jelas dan siswa kurang aktif
dalam proses pembelajaran.
Model Pembelajaran Interaktif merupakan salah
satu model pembelajaran aktif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk
membagi ide-ide, mempertimbangkan jawaban yang paling tepat dan menjawab
pertanyaan secara lisan sehingga menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam
mengemukakan ide atau jawaban di depan kelas sehingga diharapkan mampu
meningkatkan hasil belajar siswa.
Untuk langkah
berikutnya melakukan tes awal yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui
kemampuan awal siswa terhadap materi yang pengaruh globalisasi dan nilai dari
tes awal ini dapat dijadikan sebagai pedoman atau tolak ukur bagi peneliti dalam
melaksanakan proses pembelajaran.
Adapun data-data
kondisi awal dari tes yang disajikan dalam tabel sebagai berikut:
Tabel 4.1
DAFTAR NILAI EVALUASI SISWA KELAS IV (Pra Siklus)
Mata Pelajaran : PKn
Hari/Tanggal : Senin,
28 April 2014
KKM = 70,00
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Anang Dita Pratama
|
70
|
Tuntas
|
2
|
Andika Putra P.
|
70
|
Tuntas
|
3
|
Arya Gili Putra
|
60
|
Tidak Tuntas
|
4
|
Danu Setyamukti
|
60
|
Tidak Tuntas
|
5
|
Dimas Dwi S.
|
60
|
Tidak Tuntas
|
6
|
Ernawati
|
90
|
Tuntas
|
7
|
Puput danawati
|
60
|
Tidak Tuntas
|
8
|
Riko Adi P.
|
60
|
Tidak Tuntas
|
9
|
Rona Dea A.
|
80
|
Tuntas
|
10
|
Taufiku R.
|
70
|
Tuntas
|
Jumlah |
700
|
|
|
Rata-rata |
70
|
|
|
Skor tertinggi |
90
|
|
|
Skor terendah |
60
|
|
|
Jumlah siswa tuntas |
5
|
|
|
Persentase ketuntasan |
50%
|
|
Grafik 4.1
Grafik Nilai
Evaluasi Siswa Kelas IV
Pra Siklus
|
Berdasarkan hasil tes awal yang telah
dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa rata-rata nilai PKn siswa kelas IV SDN
Nogosari 1 dari 10 siswa adalah 70. Sedangkan persentase siswa yang tuntas
hanya 50% dan 50% ternyata tidak tuntas. Hal tersebut membuktikan bahwa nilai
PKn siswa masih rendah dan masih di bawah indikator keberhasilan yang telah
ditentukan yaitu KKM yang ditargetkan adalah 70. Sehingga langkah perbaikan
pembelajaran mutlak dilakukan.
Hasil yang diperoleh
dari perbaikan pembelajaran pra siklus dengan menggunakan metode ceramah untuk
meningkatkan kemampuan siswa tentang Pengaruh Globalisasi kurang memuaskan.
Pada proses pembelajaran, keaktifan siswa, antusiasme siswa kurang terlihat sehingga rendahnya hasil
berlajar yang diperoleh. Untuk itu perlu diadakan perbaikan pembelajaran siklus
1.
B. Deskripsi dan Interpretasi Hasil Penelitian
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran
dilakukan tes pada akhir pembelajaran. Setelah dianalisis, hasil tes tersebut
dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan tindakan selanjutnya.
Hasil penelitian selengkapnya diuraikan pada setiap siklus sebagai berikut:
- Siklus I
a. Perencanaan
Siklus I dilaksanakan dalam 1 kali
pertemuan dengan alokasi waktu 1x35 menit yang dilakukan di kelas IV dengan
jumlah peserta didik 10 siswa. Proses
perencanaan yang dilakukan meliputi: menyusun rencana perbaikan pembelajaran
siklus I, membuat tes awal, menyiapkan alat peraga sesuai dengan materi
pembelajaran PKn dan membuat lembar evaluasi untuk tes akhir.
b. Pelaksanaan
Pelaksanaan tindakan dalam penelitian siklus 1 dilaksanakan
pada hari Senin, 5 Mei 2014
dan proses pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Interaktif. Kegiatan yang dilakukan peneliti pada siklus I
yaitu mengondisikan kelas dengan berdoa dan menyakan kehadira siswa, melakukan
apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dikaitkan dengan
pengalaman siswa sehari-hari, menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
diperoleh siswa, dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran
interaktif, menjelaskan materi pembelajaran kepada siswa, menggunakan alat
peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran, mengadakan tanya jawab tentang
hal-hal yang belum dipahami siswa, menyimpulkan materi pembelajaran yang
dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru serta mengadakan evaluasi akhir
terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan.
c.
Observasi
Setelah dilakukan
pengamatan dalam proses pembelajaran masih ditemukan kendala atau masalah yang
tidak sesuai dengan perencanaan antara lain: guru belum maksimal dalam
mempergunakan media pembelajaran, guru perlu merubah metode pembelajaran, siswa
terlihat masih enggan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, masih banyak
yang kurang aktif dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan, siswa masih ragu
mengemukakan pendapat dan hanya beberapa siswa yang mampu pempresentasikan
hasil kerja.
Hasil belajar PKn siswa pada siklus I dapat dilihat melalui tabel sebagai
berikut:
Tabel 4.2
DAFTAR NILAI RATA-RATA EVALUASI
SISWA KELAS IV
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN ( Siklus 1 )
Mata Pelajaran : PKn
Hari/Tanggal : Senin,
5 Mei 2014
KKM = 70.00
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Anang Dita Pratama
|
80
|
Tuntas
|
2
|
Andika Putra P.
|
70
|
Tuntas
|
3
|
Arya Gili Putra
|
60
|
Tidak Tuntas
|
4
|
Danu Setyamukti
|
60
|
Tidak Tuntas
|
5
|
Dimas Dwi S.
|
70
|
Tuntas
|
6
|
Ernawati
|
90
|
Tuntas
|
7
|
Puput danawati
|
70
|
Tuntas
|
8
|
Riko Adi P.
|
70
|
Tuntas
|
9
|
Rona Dea A.
|
80
|
Tuntas
|
10
|
Taufiku R.
|
80
|
Tuntas
|
Jumlah |
730
|
|
|
Rata-rata |
73
|
|
|
Skor tertinggi |
90
|
|
|
Skor terendah |
60
|
|
|
Jumlah siswa tuntas |
8
|
|
|
Persentase ketuntasan |
80%
|
|
Grafik 4.2
Grafik Nilai
Evaluasi Siswa Kelas IV
Siklus 1
|
d. Refleksi
Semua yang telah
ditemukan pada saat
proses pembelajaran berlangsung didiskusikan dengan teman
sejawat, hasil temuan didiskusikan untuk
mengetahui persentase
pelaksanaan siklus 1
dan hasil yang
diperoleh dapat digunakan
untuk menentukan jenis tindakan siklus 2, dan hasil siklus 1 masih
belum optimal seperti penulis harapkan sebab masih ada beberapa kurang aktif dalam proses
pembelajaran berlangsung hal
ini disebabkan kurang maksimal dalam menggunakan alat peraga
atau media pembelajaran.
Berdasarkan
hasil pengamatan atau observasi pada proses pembelajaran PKn di kelas IV pada
Siklus 1 dapat disimpulkan bahwa pada saat proses pembelajaran berlangsung
siswa sudah mulai bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, siswa mulai
berkonsentrasi penuh pada saat guru menjelaskan materi, namun ada beberapa
siswa yang masih belum aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Sebanyak 2 siswa mendapatkan nilai di bawah
KKM atau sekitar 20 %, sebanyak 4
siswa mendapatkan nilai pas KKM atau sekitar 40 %, dan sebanyak
4 siswa mendapatkan nilai di
atas KMM atau sekitar 40 %.
Hasil yang diperoleh
dari perbaikan pembelajaran siklus 1 dengan mengunakan Model Pembelajaran Interaktif dapat membuat perbaikan pembelajaran lebih
menarik, meningkatkan antusiasme untuk bertanya dan keterlibatan siswa untuk
aktif dalam pembelajaran mulai terlihat. Tapi perlu diadakan perbaikan
pembelajaran pada siklus ke 2.
- Siklus II
a. Perencanaan
Pelaksanaan siklus II berdasarkan atas hasil
observasi dan refleksi siklus I yang belum memenuhi indikator keberhasilan
pembelajaran. Dengan siklus II diharapkan kekurangan-kekurangan yang terdapat
pada siklus I dapat diperbaiki di siklus II. Adapun hal-hal yang dilakukan
untuk memperbaiki kekurangan pada siklus I antara lain:
guru memotivasi siswa agar siswa bersemangat dalam belajar serta guru harus memberi apersepsi, bersikap tegas dengan menegur siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, guru harus selalu memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti, guru harus kreatif dalam mempergunakan metode dan media pembelajaran.
guru memotivasi siswa agar siswa bersemangat dalam belajar serta guru harus memberi apersepsi, bersikap tegas dengan menegur siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, guru harus selalu memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti, guru harus kreatif dalam mempergunakan metode dan media pembelajaran.
b. Pelaksanaan
Pelaksanaan
tindakan dalam penelitian siklus 2 dilaksanakan pada hari Senin, 12 Mei 2014 dan proses pembelajaran
menggunakan Model Pembelajaran Interaktif. Peneliti membuat Rencana Perbaikan
Pembelajaran terlebih dahulu, langkah-langkah yang dilakukan pada saat
pelaksanaan tindakan kelas yaitu apersepsi, memeriksa absen. Kemudian
menjelaskan materi pembelajaran dengan memaksimalkan penggunaan alat peraga atau
media pembelajaran, ternyata proses pembelajaran menjadi menarik dan siswa
aktif dalam proses pembelajaran. Siswa melaksanakan evaluasi, lalu membuat kesimpulan
tentang Pengaruh Globalisasi di bawah bimbingan guru.
c. Observasi
Hasil pengamatan pada siklus II adalah
sebagai berikut: kepercayaan diri yang tinggi pada siswa dapat membuat siswa
berani bertanya maupun mengemukakan pendapat, siswa mulai memperhatikan
penjelasan guru, guru sudah menggunakan media dengan maksimal dan guru sudah
menggunakan metode pembelajaran yang sesuai.
Hasil belajar PKn siswa pada
siklus II dapat dilihat melalui tabel sebagai berikut:
Tabel 4.3
DAFTAR NILAI RATA-RATA EVALUASI
SISWA KELAS IV
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN ( Siklus 2 )
Mata Pelajaran : PKn
Hari/Tanggal : Senin,
12 Mei 2014
KKM = 70,00
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Anang Dita Pratama
|
80
|
Tuntas
|
2
|
Andika Putra P.
|
80
|
Tuntas
|
3
|
Arya Gili Putra
|
70
|
Tuntas
|
4
|
Danu Setyamukti
|
70
|
Tuntas
|
5
|
Dimas Dwi S.
|
80
|
Tuntas
|
6
|
Ernawati
|
90
|
Tuntas
|
7
|
Puput danawati
|
80
|
Tuntas
|
8
|
Riko Adi P.
|
80
|
Tuntas
|
9
|
Rona Dea A.
|
90
|
Tuntas
|
10
|
Taufiku R.
|
90
|
Tuntas
|
|
Jumlah
|
810
|
|
|
Rata-rata
|
81
|
|
|
Skor tertinggi |
90
|
|
|
Skor terendah |
70
|
|
|
Jumlah siswa tuntas |
10
|
|
|
Persentase ketuntasan |
1000%
|
|
Grafik 4.3
Grafik Nilai
Evaluasi Siswa Kelas IV
Siklus 2
|
d.Refleksi
Dalam pelaksanaan
tindakan siklus II ini hasil pembelajaran yang diperoleh siswa sudah cukup baik,
siswa dapat memahami materi pembelajaran yang diberikan, sehingga hasil belajar
siswa sudah memuaskan, antusiasme untuk bertanya kepada guru dan aktif dalam
proses pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan hasil pengamatan atau obsevasi dapa proses
pembelajaran PKn di kelas IV pada siklus 2 dapat disimpulkan bahwa pada saat
proses pembelajaran, siswa aktif dalam proses pembelajaran berlangsung dan
aktif dalam bertanya dan juga dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
Materi yang diberikan dapat dipahami dangan oleh para siswa. Semua nilai siswa
sudah mencapai 100 % di atas KKM.
Hasil yang diperoleh dari perbaikan
pembelajaran siklus 2 dengan
menggunakan Model Pembelajaran Interaktif dapat membuat pembelajaran lebih
menarik, meningkatnya antusiame dan keterlibatan siswa untuk aktif dalam
pembelajaran. Sehingga pada siklus 2
prestasi/hasil belajar sudah memuaskan.
EMBED
Excel.Chart.8 \s Tabel 4.4
DAFTAR NILAI RATA-RATA EVALUASI
SISWA KELAS IV
PRA SIKLUS, SIKLUS 1 DAN SIKLUS 2
KKM= 70,00
No.
|
Nama Siswa
|
Siklus
|
Julah
Nilai
|
Rata-rata
Nilai
|
||
Pra Siklus
|
Siklus 1
|
Siklus 2
|
||||
1
|
Anang Dita Pratama
|
70
|
80
|
80
|
230
|
57.5
|
2
|
Andika Putra P.
|
70
|
70
|
80
|
220
|
73.3
|
3
|
Arya Gili Putra
|
60
|
60
|
70
|
190
|
63.3
|
4
|
Danu Setyamukti
|
60
|
60
|
70
|
190
|
63.3
|
5
|
Dimas Dwi S.
|
60
|
70
|
80
|
210
|
70
|
6
|
Ernawati
|
90
|
90
|
90
|
270
|
90
|
7
|
Puput danawati
|
60
|
70
|
80
|
210
|
70
|
8
|
Riko Adi P.
|
60
|
70
|
80
|
210
|
70
|
9
|
Rona Dea A.
|
80
|
80
|
90
|
250
|
83.3
|
10
|
Taufiku R.
|
70
|
80
|
90
|
240
|
80
|
|
Jumlah |
700
|
730
|
810
|
|
|
|
Rata-rata |
70
|
73
|
81
|
|
|
Grafik 4.4
Grafik Nilai
Rata-rata Evaluasi Siswa Kelas IV
Pra Siklus,
Siklus 1, dan Siklus 2
BalasHapusJuknis Deskripsi Bab IV PTK Link
Kesalahan Pembuatan PTK Link
CONTOH PTK Link
CARA CERDAS BELAJAR MATEMATIKA SMP Link
SMART SOLUTION MATH Link